Rabu, 16 Maret 2011

Rangkuman TIK

• Melakukan Transaksi Perdagangan

Kita dapat melakukan transaksi jual beli barang di internet. Saat ini sudah banyak terdapat toko online di internet. Toko online akan menyediakan situs web, dan melalui situs web ini kita dapat memesan barang-barang tertentu kepada mereka. Caranya kita tinggal mengisi formulir yang telah disediakan, menuliskan spesifikasi barang yang hendak kita beli, lalu tekan tomol “buy”. Pembayaran dilakukan dengan kartu kredit. Beberapa hari kemudian, barang yang kita pesan akan diantar ke rumah kita.

• Internet Phone

Internet phone adalah fasilitas telepon melalui internet. Dengan fasilitas ini, kita dapat menelepon ke mana saja dengan pulsa lokal. Selain itu, wajah orang yang kita telepon dapat tampil di layar komputer.

• Berdiskusi

Di internet banyak terdapat forum dengan berbagai tema. Kita dapat memasang topik tertentu, lalu sampaikan pendapat kita disana. Beberapa saat kemudian, akan ada orang yang tertarik dengan pendapat kita, lalu mengomentarinya. Semakin menarik topik diskusi kita, makin banyak orang yang akan mengomentarinya.

• Memasang Iklan Baris

Fungsi dan kelebihannya dapat menulis iklan tanpa biaya dan dapat dibaca oleh seluruh dunia. Caranya kita tinggal mengisi formulir yang tersedia, menulis pesan iklan yang kita inginkan, lalu tekan tombol “kirim”. Beberapa saat kemudian, iklan kita telah dimuat dan dapat dibaca siapa saja diseluruh dunia.


• Berbagai Aplikasi dari Internet

Beberapa aplikasi internet yang banyak dikenal dan digunakan antara lain : Word Wide Web (www), Electronic mail, dan lain-lain.

• Word Wide Web (www)

Dokumen web dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan hypertext markup language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Dokumen yang dibuat HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio, dan video. Informasi yang diletakkan di www disebut homepage dan setiap homepage mempunyai alamat masing-masing.

• Electronic Mail (E-mail)

E-mail merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat. Melalui e-mail kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke internet di seluruh dunia dengan biaya relatif terjangkau. Dengan e-mail data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat . Kita juga dapat mengirim file seperti program, gambar, grafik, dan sebagainya, dan dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus dalam satu waktu.

0 komentar:

Posting Komentar